Penerjemah Resmi Tersumpah Arab Inggris Arab

Penerjemah Resmi Tersumpah Arab Inggris Arab

Call 021 44 206 206 | 021 44 424 424 | 0813 1920 1920 | 0818 0780 9009 | Email: pusatpenerjemah@gmail.com | Penerjemah Bahasa Arab Indonesia Arab, Penerjemah Tersumpah Resmi Bahasa Arab Indonesia Arab Inggris Arab Inggris Arab, Interpreter Arab Indonesia Arab, Interpreter Bahasa Arab Indonesia Arab, Penerjemah Bahasa Arab Inggris Arab, Arabic Indonesian Arabic Translator, Arabic Translator in Jakarta, Di Jakarta Indonesia Arab Saudi, UAE, Mesir, Dubai, Syiria, Yaman, Jordan, Oman, Kuwait, Palestina, Libya, Afrika, Emirat, Iran, Irak, Maroko, Morocco, Turki, Makkah, Jeddah, Riyadh, Kairo.

 

Bahasa Arab adalah Bagian dari Agama

Posted by upikke on June 12, 2010

Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Qur’an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya” (QS Yusuf: 2).  Dalam Hadits Riwayat Thabroni, Rasulullah bersabda: “Cintailah Arab karena tiga perkara, yaitu (1) karena aku (Nabi Muhammad) orang Arab, (2) Al-Qurán berbahasa Arab, dan (3) Perkataan ahli surga dengan bahasa Arab”. Demikianlah beberapa di antara alasan yang mengukuhkan bahasa Arab adalah bagian dari agama Islam yang kita anut. Sudahkah kita tergerak untuk giat mempelajarinya?

Saat ini bahasa Arab digunakan sebagai bahasa utama di 22 negara, dan paling tidak  lebih dari 250 juta orang menggunakan bahasa ini. Bahasa ini juga merupakan bahasa kedua pada negara-negara Islam karena dianggap sebagai bahasa spiritual Islam, dan juga merupakan satu di antara bahasa tetap yang dipakai oleh organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Berbagai sumber menyebutkan bahwa bahasa Arab tergolong satu di antara bahasa tertua yang hidup di dunia, dan bahkan ada teori yang menyatakan bahwa “bahasa Arab merupakan asal dari bahasa-bahasa”. Mereka meyakini hal ini karena  kenyataan menunjukkan bahwa orang Arab dapat melafalkan suara apapun dalam bahasa manapun di dunia dengan mudah, sebaliknya banyak orang-orang bukan-Arab akan merasa  kesulitan mengucapkan beberapa huruf Arab yang tidak terdapat dalam bahasa asli mereka. Sebagai contoh, huruf dhad tidak digunakan dalam bahasa manapun di dunia, dan karenanya bahasa Arab sering disebut juga sebagai bahasa dhad.

Meskipun usia bahasa Arab sudah ribuan tahun, bahasa ini tidak banyak berubah, dan bahasa ini selalu sesuai pada setiap jaman dan peradaban. Bahkan, bahasa Arab memiliki pengaruh yang besar dalam sebagian besar bahasa yang ada di masa kini. Mungkin, sumbangan bahasa Arab yang paling jelas pada kemanusiaan adalah angka Arab (0,1,2,,3,…). Selain itu, sebenarnya banyak sekali kata-kata Arab yang digunakan oleh banyak bahasa pada saat ini seperti cover, algoritma, sugar, coffee, alamat, kabar, kalimat, dan seterusnya…..

Mengapa bahasa ini tetap hidup lebih dari ratusan tahun sementara bahasa yang lain tidak? Alasan utama untuk pertanyaan tersebut adalah bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur’an, inilah yang menjaga bahasa Arab menjadi bahasa utama hingga lebih dari 1400 tahun peradaban Islam.

Dalam mempelajari bahasa Arab awalnya kita harus mempelajari bagaimana membaca dan menulisnya, lalu tata bahasanya yaitu Nahwu dan Shorof. Nahwu adalah peraturan tentang kata-kata secara terpisah atau setelah tersusun menjadi kalimat ( tata bahasa), sedangkan shorof adalah pengetahuan asal usul kata dan perubahan-perubahannya. Shorof merupakan satu ilmu yang penting untuk dimiliki guna memperdalam pengetahuan bahasa Arab yang menjadi jembatan untuk memperluas pengetahuan agama. Oleh karena itu sesungguhnya bagi orang Islam yang ingin menjadi muslim yang kaffah hukumnya fardu ‘ain untuk mempelajari bahasa Arab. Dengan belajar bahasa Arab, kita akan mampu menyelami ajaran Islam yang sebenarnya dan lebih mendalam dari sumber asalnya, yaitu Qurán dan sunnah Rasulullah (Al-Hadits).

Marilah kita isi sisa umur kita dengan mengenal dan belajar bahasa Arab, sebagaimana pesan sahabat nabi kita, Umar Ibnu Khattab: “Bersemangatlah dalam mempelajari bahasa Arab, karena sesungguhnya bahasa Arab adalah bagian dari agamamu”. (Disarikan dari berbagai Sumber oleh Upik Kesumawati Hadi, Fakultas Kedokteran Hewan IPB).

(http://upikke.staff.ipb.ac.id/2010/06/12/bahasa-arab-adalah-bagian-dari-agama/) pusat penerjemah